MoU Pemerintah Kota Serang dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

May 14,2018 / adminCMS / 35 dibaca / Prestasi


Setelah sebelumnya Pemkot Serang bekerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) tentang penerapan aplikasi SIMRAL, tetapi dalam perjalanannya SIMRAL milik BPPT yang digunakan Pemkot Serang tersebut kerap mengalami troubleshooting sehingga menyulitkan Pemkot Serang dalam proses akuntansi pengelolaan keuangan. Hingga menyebabkan anggaran disejumlah OPD tak dapat dicairkan atau diserap.

Sebuah langkah maju untuk percepatan layanan teknologi informasi dan komunikasi, pada (12/04) bertempat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan dilakukan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) antara Walikota Serang H.Tb.Haerul Jaman,SE dengan Bupati Banyuwangi H.Abdullah Azwar Anas,M.Si, tentang PENGEMBANGAN POTENSI DAERAH. Pada kesempatan yang sama dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Sekretaris Daerah Kota Serang Tb.Urip Henus,M.Si dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, tentang Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL).

Sebagaimana diketahui aplikasi SIMRAL milik Pemkab Banyuwangiadalah aplikasi yang telah dikembangkan sendiri dan sudah berjalan dengan sangat baik sehingga banyak Pemerintah Kabupaten dan Kota lainnya melakukan kerjasama penerapan SIMRAL dengan Pemkab Banyuwangi.

Penandatanganan MoU kali ini bertepatan dengan Festival Banyuwangi Kuliner (BAKUL) dan bersamaan dengan Banyuwangi ART WEEK yang diadakan di Taman Blambangan mulai tanggal 12 s/d 15 April 2018. Walikota Tb.Haerul Jaman beserta Sekretaris Daerah Tb.Urip Henus hadir dan menyaksikan acara pembukaan BAKUL yang dikemas menarik tersebut. Selanjutnya Walikota dengan menggunakan becak bersama Sekda Kota menuju Pendopo Sabha Swagata Blambangan

Walikota Serang mengatakan bahwa salah satu yang menjadi alasan mengapa melakukan MoU dengan Pemkab Banyuwangi karena percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah ini sangat baik untuk dicontoh, terkhusus perkembangan penggunaan teknologi aplikasi SIMRAL yang layak untuk ditiru dalam perencanaannya, penganggaran dan pelaporan yang baik dan akuntabel.

Tak hanya Pemkot Serang yang melakukan MoU dengan Pemkab Banyuwangi, ada juga Pemkot Bukit Tinggi, pemkab Hulu Sungai Selatan, Perwakilan Kedutaan Kanada, Direksi PT. Bumi Suksesindo yang bergerak di bidang pertambangan emas.

Hadir mendampingi Walikota dalam penandatanganan MoU ini, Kadis Kominfo H.Hamsin, Kepala Bappeda Joko Sutrisno, Sekdis Kominfo W.Hari Pamungkas, Kabag Kerjasama Kustiarto, Kabag Protokol Kusna Ramdani, Kabid Layanan E'Gov Tb.Teguh Prihadi.

 

Sumber: Diskominfo Kota Serang

Share this Post: